Rabu, 02 Juni 2010

TIPS MELAYANI CUSTOMER

Untuk lebih profesional dan manajemen anda teratur dalam berbisnis online, tipsnya sangat sederhana dan mudah kok serta memudahkan anda dalam bekerja. Customer yang melihat usaha anda pasti di dalam hati mengatakan usaha anda benar- benar profesional.
1. Menjawab semua pertanyaan customer dengan benar dan ramah. Memastikan semua customer yang pernah belanja di tempat kita, disimpan informasi nama, alamat, no HP, dan juga kalau ada nomer rekeningnya. Sehingga ketika mereka bertanya atau mau berbelanja kembali, kita dengan cepat merespon dan menyapa mereka seolah kita telah berkenalan sebelumnya. Walaupun hanya via internet atau SMS.
2. Memberikan penawaran yang adil bagi semua dan tidak pilih kasih terhadap customer he he he. Kenapa begitu? Karena saya yakin sesama customer mungkin saja nanti akan saling berhubungan dan (mungkin) mengkonfirmasi tawaran dari website kita.
3. Menghitung nota belanja dan ongkos kirim dengan akurat. Menyiapkan nota penjualan yang akurat, bersih, tidak asal-asalan.
4. Menginformasikan kepada pembeli apapun kondisi yang kita alami ketika menyiapkan paket yang akan kita kirimkan. Jujur dan komit dengan transaksi yang sudah deal.
5. Pastikan dana pembayaran sudah masuk ke rekening kita ya sebelum mengirim barang. Dan jangan sekali-kali 'ngemplang' dengan tidak mengirimkan barang pesanan tersebut jika ingin nama kita sebagai pebisnis online tetap berkibar. Menjaga nama baik berarti sama dengan menjaga komitment, kredibilitas dan integritas diri.
6. Kembalikan kelebihan dana customer tanpa menunda-nunda lagi.
7. Be profesional, bungkus paket dengan rapih, simpan resi pengirimannya sehingga ketika paket belum tiba ke tujuan, kita dapat dengan mudah mencari kembali nomer referensi untuk melakukan penelusuran kepada ekspedisi tempat kita mengirim paket.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar