Rabu, 02 Juni 2010

TIPS USAHA BAGI PEMULA

Untuk memulai usaha kadang-kadang sering bingung mo usaha apa yah yang bisa menghasilkan dan menguntungkan. Sering kali bila ada seminar tentang usaha anda tertarik mengikutinnya dan terus berkobar- kobar semangat anda bahwa anda harus bisa sukses, hal itu sudah tertanam di otak anda. tapi kalo sudah sampai di rumah kadang-kadang anda sering bingung pertama kali melangkah kemana supaya dapat ide yang pas buat memulai usaha.
Ini pengalaman saya saat memulai usaha, Cobalah Tips ini :

1. Pertama kali anda harus "TAKE ACTION" itu kunci perpenting. Take action anda bisa melihat di sekitar anda terutama lingkungan, pastilah anda menemukan ide. Atau biasanya kalo ada masalah "kepepet" butuh duit pasti kita menemukan ide tersebut. Betul tidak ? pasti betul. ada 3 kunci yang harus anda ketahui :
2. Berbisnis tidak dengan modal yg banyak lho. anda bisa konsiyasi dengan teman anda, tetangga. Sekarang ini hanya dengan modal hanya menampilkan di website berbagai macam barang, dan menampilkan website anda dengan semakin ceria dapat mempengaruhi pelanggan untuk memesan kepada anda (penjual). Misalnya klo ada yang pesan, tinggal anda hubungin aja produsen anda buat kirim paketnya ke pelanggan. klo setiap hari aja rutin berapa uang yang anda terima.
3. Kepercayaan kepada pelanggan itu penting. semakin anda di percaya oleh pelangggan, akan semakin banyak yang merekomendasikan kepada anda (penjual).


MEMULAI USAHA

Ini pertama kali yang memulai usaha pasti bingung, mo usaha apa yah....
Karena bukan hanya saya aja yang pertama kali bingung, pasti anda yang mulai usaha pertama kali mengalami juga. Disini anda harus menyiapkan buku agenda untuk menulis usaha bidang apa yang cocok dengan anda. jangan putus asa ingat kegagalan adalah guru anda.
Untuk memulai usaha sebagai berikut :

1. Buat Ide dulu min 10 ide. ini saya praktekan sendiri, alhamdulillah berhasil 2 planning saya dari 8 ide yang saya bikin.
2. Usaha yang anda bikin sesuai denga hobi atau karakter anda, pasti anda tanpa di sadarin pasti punya. Serta marketnya kalau bisa berbeda dengan market lainnya ---> sasaran penjualan anda.
3. Pisahkan antara keuangan pribadi dengan Keuangan Usaha. nah disini manajemen anda harus disiplin, jadi ketahuan hasil keuntungan anda selama sebulan berapa.
4. Jangan meminjam uang untuk memulai usaha bisnis. Seperti meminjam uang di bank, kartu kredit ini jangan anda lakukan karena anda akan membayar bunga bank setiap bulan. Padahal anda baru memulai usaha belom ketahuan usaha anda berhasil atau gagal.

Nah ini trik anda dalam menjual produk harus punya konsep dasar yang berbeda dengan market lainnya. Diantaranya yaitu :

* Unik
* Memberikan servis yang terbaik kepada pelanggan supaya puas
* Langsung merespon pelanggan/ constumer
* Menjual sesuatu yang berbeda.


Nah silahkan anda praktekan sendiri setelah anda membaca posting dari saya. Dulu pertama kali saya memulai usaha bingung juga. Tanpa saya sadari ternyata menemukan bidang usaha di bidang percetakan. Saya dan suami juga tidak pernah memperhitungkan kalau usaha ini bisa eksis sampe sekarang. Pertama kali saya masih belom bisa mengerti Internet lho.. Saya ini benar-benar nol, karena saya punya keingian dan suami pun merestui maka jadilah usaha ini. Untuk pengetahuan IT saya banyak di bantu oleh suami . Dengan keinginan yang keras untuk belajar membuat saya bisa bikin blog sendiri dan menemukan ide usaha baru . Maka dari itu mulailah dari sekarang bikin catatan apa yang anda raih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar